Alergi Makanan

Seberapa seringkah alergi makanan terjadi? Sekitar 25% orang berpikir bahwa mereka memiliki alergi terhadap makanan tertentu, penelitian menunjukkan sekitar 6% anak-anak dan 2% dewasa memiliki alergi makanan.



Apakah perbedaan antara alergi makanan dan intoleransi makanan?
Alergi maknan yang sebenarnya merupakan suatu reaksi yang diawali oleh sistem kekebalan tubuh (komponen tubuh yang berfungsi melawan infeksi). Tetapi, intoleransi makanan merupakan gejala yang tidak menyenangkan dan dipicu oleh makanan (tapi tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh).
Misalnya, alergi susu jauh lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Namun, kebanyakan anak tidak lagi mengalami alergi dari usia 2 atau 3 tahun. Gejala alergi susu seperti gatal-gatal, muntah, dan masalah pernapasan setelah mengkonsumsi produk susu. Banyak orang dewasa yang mungkin mengalami gejala yang mirip dengan alergi susu, orang dewasa sering mengalami kesulitan mencerna gula dalam susu. Hal ini disebut "intoleransi laktosa," dan bukan merupakan alergi karena tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh. Gejala-gejala intoleransi laktosa adalah kembung, kram, mual, dan diare.

Apakah gejala dari alergi makanan? Gejala yang paling umum dari alergi makanan adalah sebagai berikut:
  • Kaligata (benjolan besar pada kulit)
  • Bengkak
  • Kulit gatal
  • Rasa gatal atau kesemutan di mulut
  • Rasa pahit di dalam mulut
  • Batuk, kesulitan bernapas atau mengi
  • Tenggorokan sesak
  • Diare
  • Muntah
Sebagian orang mungkin juga merasa bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, kulit mejadi pucat karena tekanan darah rendah atau kehilangan kesadaran. Penyakit kronis yang paling sering yang berkaitan dengan alergi makanan adalah eksim dan asma.

Alergi makanan bisa berakibat fatal jika cukup parah untuk menyebabkan reaksi yang disebut anafilaksis. Reaksi ini menghalangi saluran udara dan membuat sulit bernapas. Penanganan yang cepat dengan obat yang disebut epinefrin dapat menyelamatkan hidup Anda. Jika Anda atau anak Anda memiliki alergi yang parah, dokter mungkin memberikan resep pena injeksi epinefrin untuk diri sendiri. Dokter dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana dan kapan menggunakan pen tersebut. Jika dokter berpikir Anda mungkin perlu menggunakan obat ini, Anda akan perlu membawanya setiap saat.

Seseorang yang mengalami reaksi alergi harus dibawa dengan ambulans ke ruang gawat darurat, karena banyaknya jumlah adrenalin yang dipompa ke dalam tubuh bisa berbahaya. Seorang dokter dapat memberikan epinefrin untuk membantu memperlambat sirkulasi darah, pernapasan dan metabolisme seseorang.

Makanan apa yang sering menyebabkan reaksi alergi?Meskipun orang dapat menjadi alergi terhadap segala jenis makanan, alergi makanan sebagian besar disebabkan oleh kacang, susu, telur, kedelai, gandum, ikan dan kerang. Ketujuh makanan ini mencapai 90% penyebab dari alergi makanan. Kebanyakan orang yang mengalami alergi makanan memiliki alergi terhadap minimal 4 dari makanan tersebut.

Apakah saya bisa alergi terhadap pewarna makanan atau perasa buatan?
Studi telah menemukan bahwa bahan aditif di makanan, seperti tartrazine, atau kuning No 5, dan aspartam, pemanis buatan, dapat menyebabkan masalah pada beberapa orang.

Apakah saya bisa alergi terhadap gula?Tidak. Sebuah kondisi yang disebut alergi makanan adalah ketika sistem kekebalan tubuh menganggap protein tertentu dalam makanan adalah zat "asing" dan berusaha untuk menyerang zat tersebut. Dan hal ini tidak terjadi dengan gula dan lemak.

Apa pengobatan untuk alergi makanan?Setelah alergi makanan dapat didiagnosis dengan benar, maka orang tersebut harus menghindari makanan yang menyebabkannya. Jika Anda memiliki alergi, Anda harus dapat membaca label pada semua makanan yang Anda makan. Dokter dapat membantu Anda belajar bagaimana menghindari makan makanan yang salah. Jika anak yang memiliki alergi makanan, beritahukan kepada pengasuh atau pihak sekolah mengenai daftar makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dilakukan jika makanan tersebut tidak sengaja dimakan. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan alergi makanan.

Apakah saya dapat mengatasi alergi makanan?Meskipun kebanyakan anak bisa mengatasi alergi terhadap susu, telur, kedelai dan produk gandum, tapi tidak semuanya bisa diatasi. Sebagian besar orang jarang dapat mengatasi alergi terhadap kacang, kacang pohon, ikan dan kerang.

Sumber : https://www.kalcare.co.id/id-ID/Article/HealthAz/Food-Allergies/Overview

No comments:

Post a Comment

Anda mendapatkan manfaat dari blog ini?
Tuliskan komentar anda...
Pemesanan Noni 081326277186 / 085846664000 BB: 79773B7F

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MORINDA BIOACTIVES - TAHITIAN NONI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger